by

Warga Ahusen Dihimbau Waspada Banjir

Warga Kelurahan Ahusen, Kecamatan Sirimau dihimbauan tetap waspada banjir. Pasalnya, sebagian wilayah tersebut sering mengalami banjir saat musim penghujan.

Lurah Ahusen, Evand Tahapary mengatakan, ketika terjadi hujan, air subgai sering meluap hingga merendam rumah warga. Sehingga perlu ada himbauan untuk disampaikan kepada warga agar dapat diantisipasi. Mengingat kondisi kota Ambon saat ini masuk musim penghujan.

Parahya lagi, lanjut Evand, luapan air yang terjadi karena kondisi talud sungai sangat rendah. Bahkan jika kondisi hujan dengan intensitas tinggi, maka air yang mengalir dari sungai Batu Gajah akan merembes masuk lingkungan warga.

“Kita sering terjadi banjir. Yang rawan itu daerah Ponegoro. Kalau hujan itu air dari Batu Gajah yang lewat merembes ke perumahan warga karena talud terlalu rendah. Air yang meluap itu ada tanahnya. Jadi jika surut ada lumpur yang tersisa,” terang Evand, saat ditemui koran ini, Kamis (27/5).

Ia juga menghimbau, agar warga tetap waspada selama musim penghujan masih melanda kota Ambon. Dan jika merasa intensitas hujan sangat tinggi,. Maka diharapkan melakukan evakuasi ke tempat yang dianggap aman.

Warga juga dihimbau, untuk tetap memperhatikan kondisi drainase atau saluran air agar tidak tersumbat.

“Jadi kami kelurahan selalu berikan himbauan kepada warga agar waspada. Jika dirasa hujan deras saya meminta warga melakukan evakuasi. Saya juga selalu ingatkan warga untuk perhatikan saluran air agar tidak tersumbat. Semoga kita semua selalu dilindungi selama musim penghujan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment