by

Warga Aru Dihimbau Jaga Kamtibmas Pilkada

Ambon, BKA- Wakili masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru, para Tetua Adat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Adat (LMA) dan Dewan Adat Aru (DAA) menyatakan sikap mendukung sepenuh terciptanya Kamtibmas jelang Pilkada serentak 9 Desember 2020, di bumi Jargaria/Sarkwarisa itu.
“Wakili masyarkat Aru dari ujung Batugoyang sampai Warialau, kami LMA dan DAA nyatakan sikap dukung sepenuhnya stabilitas dan keamanan jelang Pilkada di Kabupaten Kepulauan Aru,” ungkap Ketua LMA, Philipus Labok, kepada wartawan, Rabu (25/11).

Lebih lanjut, kata dia, intinya LMA dan DAA menghimbau kepada seluruh masyarakat Aru untuk menjaga terciptanya Kamtibmas di Aru secara umum dan terkhususnya menjelang dan sesudah Pilkada Aru. Selain itu, tambah dia, LMA dan DAA pada prinsipnya berada pada posisi neetral dan tidak memihak pada kandidat manapun.

“Pada prinsipnya kami akan berada di tengah. Tidak memihak pada salah satu kandidat. Kami netral dan akan bersama-sama menjaga kamtibmas di daerah yang kita cintai ini,” tandasnya.

Menurut dia, sikap netral yang ditunjukan bukan lantas pihaknya akan menutup diri dari masyarakat maupun pasangan calon yang ada.
“Jadi dengan komitmen yang kami nyatakan ini bukan berarti kami menutup diri dari para bakal calon. Namun kami membuka diri, dalam arti memberikan pandangan-pandangan positif untuk kemakmuran rakyat dan kemajuan daerah ini kedepan,” tandasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, untuk menjaga kamtibmas jelang pilkada pada 9 Desember mendatang, maka LMA dan DAA akan intens berkoordinasi dengan Kepolisian maupun Pemerintah Kabupaten setempat, terkait kondisi kamtibmas di daerah Aru secara umum di semua lini. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama.

“Nah, untuk menjaga kamtibmas di daerah ini tetap baik, maka komunikasi intens akan selalu kami lakukan antara kepolisian dan pemda. Selain itu, kami juga memberikan dukungan penuh kepada Polda Maluku bersama Polres Kepulauan Aru dalam menjaga kondisi Kamtibmas menjelang dan sesudah pelaksanaan pilkada di Aru,” imbuhnya.

Sekali lagi, pesan Philipus, LMA dan DAA menghimbau kepada seluruh masyarakat Aru dari ujung Batugoyang sampai Warialau, agar tetap ada dalam asas taat aturan. Jangan ciptakan kondisi yang nantinya mengganggu kamtibmas jelang pilkada mendatang. Sehingga proses pilkada nantinya berjalan dengan baik sesuai dengan mekanisme konstitusi.

“Jadi sekali lagi kami himbau untuk seluruh masyarakat Aru, agar bersama-sama menjaga kamtibmas jelang pilkada nanti. Dan tentukan pilihan saudara-saudara sesuai nurani masing-masing demi masa depan Aru kedepan,” imbaunya. (WAL)

Comment