by

Warga Batu Merah Dituntut 8 Tahun Penjara

Bilal Suat alias Bil dituntut Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku, Ester Wattimury, dengan pidana penjara selama 8 tahun penjara, pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Ambon, Rabu (19/5).

Pada sidang yang dilakukan secara virtual tersebut, JPU menyatakan, terdakwa Bilal bersalah melakukan tindak pidana narkotika, sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 112 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

“Meminta kepada majelis hakim agar menjatuhkan pidana terhadap terdakwa, berupa pidana penjara selama 8 tahun, serta denda Rp 800 juta, subsider 3 bulan kurungan,” sebut JPU dalam amar tuntutannya, pada sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Hakim Orpah.

JPU juga menyatakan, agar barang bukti (BB) dirampas untuk di musnakan.

Menurut JPU, perbuatan terdakwa merupakan perbuatan melanggar hukum, dan tidak mendukung pemerintah dalam memberantas narkotika.

Dalam berkas tuntutan, jaksa menguraikan, terdakwa ditangkap oleh Anggota Ditres Narkoba Polda Maluku, sekitar pukul 10.55 Wit, 24 Desember 2020, tepat di Jalan AM Sangaji, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Penangkapan itu berawal dari adanya informasi masyarakat, tentang adanya pengiriman paket melalui jasa pengiriman. Mereka langsung menyusun strategi untuk melakukan penangkapan terdakwa.

Tim yang sudah berada di lokasi saat itu, langsung melakukan pengintaian dan penangkapan, setelah terdakwa keluar dengan paket yang lebih awal diperlihatkan petugas jasa pengiriman.

Setelah diamankan, terdakwa dibawa ke Kantor Narkoba Polda Maluku untuk diproses lebih lanjut.

Setelah mendengarkan tuntutan jaksa, hakim menunda sidang hingga 26 Mei 2021, untuk agenda pledoi dari Robert Lesnussa selaku kuasa hukum terdakwa.(SAD)

Comment