by

Warga Buru Dihimbau Sukseskan Pilkades Serentak 2021

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak pada Agustus 2021 mendatang. Hal ini mendapat dukungan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buru, yang menghimbau masyarakat setempat ikut mensukseskan Pilkades tersebut.

Ketua DPD II KNPI Kabupaten Buru, Nadi Waly melalui Bendahara KNPI Kabupaten Buru, Jamaalim Tuharea menyampaikan, pihaknya bersama TNI Polri menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Buru untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak 2021.

“Kami dari pemuda KNPI menghimbau agar masyarakat yang nanti akan menghadapi proses demokrasi pemilihan kepala desa berjalan aman, damai dan adil,” kata Tuharea, dalam konferensi pers, di Dinasty Coffee, Buru, Senin (31/5).

Dikatakan, penyelenggaran pilkades serentak telah disetujui DPRD dan Pemkab Buru saat pembahasan anggaran tahun 2020 lalu. Dimana dana yang telah dialoksikan untuk Pilkades sebesar Rp 600 juta untuk 23 desa itu tersebar pada 10 kecamatan. Yakni Desa Lala dan Karang Jaya di Kecamatan Namlea. Desa Bara dan Kampung Baru di Kecamatan Air Buaya.

Kemudian Desa Waenetat di Kecamatan Waeapo. Desa Hatawano, Wailihang dan Desa Waepotih di Kecamatan Waplau. Desa Batabual, Desa Batu Jungku dan Namlea Ilath di Kecamatan Kecamatan Kecamatan Batabual. Desa Raheriat, Waspait dan Desa Lemanpoli di Kecamatan Fena Leisela.

Selanjutnya, Desa Kubalahin, Grandeng dan Desa Lele di Kecamatan Lolong Guba. Desa Debowae, Waetina, Basalale, Dava, dan Desa Waehata di Kecamatan Waelata. Desa Massarete di Kecamatan Teluk Kaiely. Serta Desa Jikumerasa di Kecamatan Lilialy. Sementara itu, untuk Pilkades di 59 desa baru akan berlanjut di tahun 2022.

“Semoga ini menjadi harapan pemuda dan desa serentak yang melaksanakan proses pemilihan kepala desa. Kami dari DPD KNPI berharap sungguh sehingga proses ini berjalan sebagaimana yang diatur dalam konstitusi,” ucapnya.

Untuk menyukseskan Pilkades Serentak 2021 tersebut, Tuharea memastikan KNPI akan mengawal proses pemilihan kepala desa hingga akhir, agar pelaksanaan pesta politik lima tahun berjalan sesuai harapan.
“Iya, KNPI organisasi kepemudaan yang siap mengawal proses pemilihan kepala desa serentak. Dan kami DPD II KNPI bersama TNI Polri akan mencoba melakukan pengamanan di tingkat desa dan sekaligus menghimbau kepada masyarakat, agar melaksanakan proses pemilihan kepala desa aman dan damai,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan pemilihan kepala desa ini direncanakan pada tahun 2021. Oleh karena itu, KNPI juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan, karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kami dari DPD KNPI dan kami juga bagian dari masyarakat Buru yang kemudian tetap mengawal agenda pemilihan kepala desa dan meminta masyarakat agar tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (MSR)

Comment