by

Warga Diharapkan Dukung PPKM Mikro

Pemerintah Kota Ambon melalui Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19, sangat mengharapkan adanya dukungan penuh dari masyarakat terhadap Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.
Pemberlakuan PPKM berskala mikro di Ibukota Provinsi Maluku ini, dinilai sangat berdampak baik dalam memberantas virus mematikan yang hingga saat ini masih mewabah. Maka itu, warga harus bisa mendukung PPKM dimaksud.

“Ini sangat penting untuk mengendalikan penyebaran Covid-19, serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat kelurahan, desa/negeri serta RT/RW,” ungkap Jubir Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz, kepada wartawan, Selasa (22/6).

Kata dia, dukungan penuh semua pihak terutama masyarakat, sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Ambon dalam menyukseskan PPKM berbasis mikro. “Semua itu demi kebaikan bersama untuk menekan penyebaran Corona,” sebutnya.

Menurut Joy, dalam penerapan PPKM ada beberapa mekanisme yang dilakukan untuk melakukan pengawasan. Salah satunya koordinasi melalui posko ditingkat RT, RW, kelurahan, desa dan negeri.

Pemerintah desa, negeri dan kelurahan membentuk posko di tingkat RT/RW. Ini khusus bagi wilayah yang belum membentuk posko. Sedangkan bagi yang sudah membentuk posko, agar lebih ditingkatkan fungsi pengawasan,” cetusnya.

Joy, yang juga selaku Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ambon menilai, fungsi posko di tingkat RT/RW maupun desa/negeri dan kelurahan, maka pihak terkait pada posko dimaksud harus berkoordinasi dengan Satgas Penanggulangan Covid 19 kota dan provinsi, serta TNI/Polri.

Selain PPKM Mikro, Pemkot Ambon sampai tingkat RT/RW, desa/negeri dan kelurahan akan terus intensifkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. Serta penangangan kesehatan berupa 3T, yakni Tracking, Tracking, dan Treatment, terang dia,
Ia menambahkan, pemberkauan PPKM Mikro, yang telah diterapkan itu, dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria zonasi pengendalian tingkat RT. Dengan ketentuan masing-masing sesuai zonasi penyebaran Covid-19 Kota Ambon. (IAN)

Comment