by

Warga Diharapkan Tertib Parkir

Ambon, BKA- Pemerintah Kota (Pemkot) lewat Dinas Perhubungan, berharap agar masyarakat Kota Ambon lebih bijak ketika menggunakan badan jalan untuk parkir kendaraan. Baik untuk roda dua maupun roda empat, atau lebih.

Dikatakan, penertiban parkiran di badan jalan masih tetap dilakukan oleh Dishub Kota Ambon. Hanya saja, belakangan ini pihaknya masih diminta untuk memaksimalkan Operasi Yustisi bersama sejumlah dinas lainnya.

Plt Kepala Dishub Kota Ambon, Robby Sapulete mengaku, personilnya cukup terbatas untuk melakukan penertiban parkir maupun operasi Yustisi.

“Kondisi Covid inikan, kita fokus untuk Operasi Yustisi. Jadi personil terbatas. Penertiban parkir secara maksimal kita belum fokus yah,” ungkap Robby, saat dihubungi koran ini, Rabu (21/10).

Meskipun demikian, Robby mengaku, pihaknya akan tetap melakukan penertiban parkir dengan cara mobile. Sebab, masih banyak masyarakat yang tidak tertib dalam melakukan parkiran liar. Salah satunya di jalan A. Y Patty, Pattimura Park hingga jalan Imam Bonjol.

“Masih ada juga yang coba-coba tidak tertib parkir di jalan A. Y. Patty. Ketika kita kedapatan tetap kita akan tindak mereka, benar-benar kita akan tindak,” pesannya.

Dia menyebutkan, untuk kawasan jalan A. Y. Patty sangat rawan masyarakat yang tidak tertib parkir. Sebab, lokasi tersebut juga bagian dari pusat perdagangan.

“A. Y Patty itukan tidak ada parkir khusus. Parkir disitu kita buka ruang di lorong-lorong disitu untuk parkiran sepeda motor. Tapi masih ada juga coba-coba parkir sembarangan,” sebutnya.

Dia menilai, sampai saat ini, ada sebagian masyarakat yang belum sadar untuk tertib parkir. Untuk itu, dia berharap masyarakat bisa patuh dengan rambu-rambu lalu lintas yang sudah dipasang. Termasuk aparat kepolisian di jalan Imam Bonjol, yang sering memarkirkan kendaraan secara ganda atau berlapis.

“Saya hanya minta kesadaran masyarakat. Karena ada juga yang tahu rambu lalu-lintas, tetapi coba-coba untuk parkir sembarangan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment