by

Warga Dihimbau Jaga Kebersihan Lingkungan

AMBON-BKA, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon, kembali menghimbau warga yang ada di lima kecamatan ini, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Pasalnya, banyak tumpukan sampah yang mulai dibersihkan di sejumlah kawasan kota Ambon. Salah satunya kawasan Air Besar (Arbes), Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, yang dilakukan sejak pekan kemarin.

“Jumat kemarin itu, kita angkut sampah di Arbes sampai malam. Dan sudah bersih disitu,” ungkap Plt DLHP Kota Ambon, A. J. Hehamahua, kepada Koran ini, Rabu (11/8).

Menurut dia, jika tumpukan sampah masih ada, maka tidak bisa menyalahkan DLHP. Tetapi warga yang belum sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Kami sudah bersihkan. Hanya warga belum sadar,” sebutnya.

Baca juga: Babinsa Wayame Bantu Warga Tanam Pohon

Diakuinya, lahan pada kawasan tempat pembuangan sampah di Arbes, bukan milik Pemkot Ambon. Sehingga pihaknya tidak bisa melakukan apa-apa untuk cegah warga membuang sampah, selain memberikan himbauan.

“Lahan itu, ada pemiliknya. Kami juga tidak bisa buat apa-apa jika tidak diberikan ijin dari pemilik. Yang kami harap hanya kesadaran warga, itu saja. Karena dengan begitu kawasan itu bisa steril dari sampah,” harapnya.

Kata Hehamuan, jika lahan dimaksud tidak ada pemiliknya, kemungkin besar itu akan dijadikan salah satu taman yang bersih dan tertata. Sehingga warga tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut.

“Kalau lahan tidak ada pemilik, saya akan berkoordinasi dengan walikota untuk kita bisa bangun sebuah taman disitu. Agar warga tidak jadikan kawasan itu jadi tempat sampah,” sebutya.

Sambung dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pemilik lahan agar kawasan itu bisa dipagari. Sehingga warga sekitar tidak lagi membuang sampah di lokasi tersebut. Namun pemilik lahan tetap menolak.

“Pemilik lahan tidak mau. Kami sudah konfirmasi deng pemiliknya tapi tidak mau, karena lahan itu akan dijual. Padahal kalau kita pagari kan lebih bagus kan, ketika dijual sudah kelihatan rapi,” terangnya.

Dia berharap, agar warga sadar dengan bersih lingkungan. “Kami sudah minta RT, RW setempat untuk himbau warga tidak buang sampah di kawasan itu,” tutupnya. (IAN)

Comment