by

Warga Dihimbau Waspada Banjir dan Longsor

Pemerintah Kota Ambon lewat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menghimbau seluruh masyarakat agar bisa waspada terhadap bencana banjir dan longsor. Ini mengingat Kota Ambon telah memasuki musim penghujan.

Kepala BPBD Kota Ambon, Demmy Payys mengatakan, bencana alam kapan saja dapat terjadi. Apalagi dengan intensitas hujan di kota Ambon belakangan ini cukup tinggi, sehingga berpotensi terjadi bencana banjir maupun longsor. “Masyarakat terlebih khususnya, yang bermukim dilereng gunung atau bantaran sungai bisa terus waspada,” pesan Demmy, kepada wartawan, Senin (17/5).

Lanjut dia, masyarakat harus lebih memperhatikan informasi serta mengindahkan himbauan yang disampaikan Pemerintah Kota Ambon. Sebab, hal tersebut dilakukan untuk kebaikan bersama. “Harus selalu mengikuti himbauan dari kami. Sehingga bisa meminimalisir ada korban jiwa, jika terjadi bencana alam,” terangnya.

Dia mengaku, beberapa hari ini kondisi Ibukota Provinsi Maluku ini masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi, hingga menyebabkan banjir di sejumlah kawasan yang ada. Untuk itu, masyarakat diingatkan agar jangan pernah apatis dengan himbauan pemerintah.

Menurut Demmy, beberapa kawasan yang mengalami banjir diantaranya kawasan Cokro Waiheru serta longsor di Gadihu dan Ahuru. Namun pihaknya telah tanggap dalam bencana dimaksud, sehingga tidak ada korban jiwa.
“Ada beberapa bantuan tanggap darurat yang sudah kita berikan kepada masyarakat, di tiga lokasi yang mengalami musibah. Yakni gerobak, terpal, sekop, karung dan beberapa alat lain yang diperlukan di sana. Dan saya berharap itu bisa bermanfaat,” pintanya.
Dan untuk lokasi rawan bencana di Kota Ambon, lanjut dia, sudah menjadi perhatian Pemerintah Kota Ambon. “Pemantauan dan pengawasan terhadap wilayah-wilayah yang dianggap rawan banjir dan longsor, kita pantau terus. Sehingga ketika terjadi bencana alam, kami langsung tanggap,” imbuhnya. (IAN)

Comment