by

Warga Dihimbau Waspada Banjir dan Longsor

Ambon, BKA- Fraksi Perindo DPRD Kota Ambon menghimbau masyarakat Kota Ambon untuk tetap waspada terhadap bencana banjir maupun longsor. Sebab berdasarkan data BMKG, kota Ambon telah memasuki puncak musim penghujan.

“Sesuai informasi dari BMKG itu, Ambon sudah memasuki musim penghujan. Untuk itu, Fraksi Perindo ingin menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap bencana banjir dan longsor. Apalagi beberapa hari ini curah hujan di Ambon semakin tinggi,” imbau, Ketua Fraksi Perindo Kota Ambon, Rawidin La Ode Ido, saat menghubungi koran ini, Kamis (16/7).

Anggota Komisi II DPRD Kota Ambon ini mengaku, dari pantauan fraksi di lapangan serta laporan dari masyarakat, kondisi sedimen tanah pada beberapa sungai di Kota Ambon semakin tinggi. Sehingga perlu diantisipasi oleh masyarakat, terkhusus bagi yang tinggal di bantaran sungai yang ada.
Diantaranya, sungai Waiheru, Wayame, Galala atau Wairuhu, Batumerah, Skip, Batugajah dan Batugantung.

Sementara bagi warga yang tinggal di lereng-lereng bukit, diharapkan dapat mengantisipasi longsor ketika curah hujan cukup tinggi.
“Bagi yang tinggal di bantaran sungai harap waspada banjir, kemudian yang di lereng-lereng bukit itu harus waspada longsor. Jadi ketika curah hujan itu tinggi dan bertahan cukup lama, maka harus tetap waspada. Agar kalau terjadi longsor misalnya, harus segera menyelamatkan diri ke tempat yang aman,” sarannya.

Ia juga menyarankan, agar warga yang merasa rumahnya terancam longsor, dapat segera melaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon yang kantornya berlokasi di Karang Panjang (Karpan). Sehingga ada upaya tanggap darurat, seperti pembagian terpal atau karung untuk mengantisipasi bencana.

“Kalau memang rumahnya terancanm, segera lapor agar ada upaya tanggap darurat. Sehingga bisa diantisipasi. Karena takutnya kalau dibiarkan justru menjadi ancaman,” pungkasnya.

Comment