by

Warga Dinilai Sadar Tujuan PPKM

AMBON-BKA, Sebagian besar masyarakat Kota Ambon dinilai sudah sadar dengan tujuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level III yang diterapkan. Hal ini terbukti dari kepatuhan pelaku usaha lewat jam operasional yang ditetapkan. Itu terbukti dari Warga yang patuh dengan aturan dalam PPKM

“Kita lihat saja di lapangan, ketika waktu menunjukkan pukul 21.00 WIT, semua kegiatan masyarakat langsung dihentikan, tanpa ada paksaan. Ini berarti tingkat kepatuhan mulai naik,” tutur Sekretaris Kota Ambon, A. G. Latuheru, kepada wartawan, Jumat (13/8).

Menurut dia, semua ini berawal lewat seluruh pihak yang memberikan edukasi kepada masyarakat yang melanggar aturan PPKM level III. Bahkan edukasi dianggap lebih mujarab dalam menyadarkan warga, dibanding dengan sanksi yang diberikan, baik administrasi maupun sanksi sosial.

“Masyarakat saat ini sudah mulai sadar dan turut terhadap aturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Ambon, dalam penerapan PPKM Mikro Level III,” sebutnya.

Dijelaskan, dalam aturan PPKM level III terkait jam operasional, memiliki peningkatan kepatuhan yang begitu signifikan. Berbeda dengan sebelumnya, dimana masyarakat hanya terlihat taat dan patuh terhadap aturan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, ketika ada petugas.

Baca juga: Pakta Integritas Nakes Belum Dimasukkan

“Sebelumnya mereka kalau ada petugas, langsung patuh. Ketika petugas pergi, buat lagi. Namun, sekarang sudah tidak, baik pedagang, supir angkot dan lain sebagainya. Pada saat tiba batas waktu sesuai aturan, langsung mereka hentikan aktivitas,” imbuhnya.

Latuheru menilai, cara untuk tidak memberikan sanksi dalam penerapan PPKM Mikro level III ini, merupakan langkah ampuh yang dipakai Pemerintah Kota Ambon. Agar masyarakat bisa berpatisipasi dalam memerangi wabah Corona.

“Buktinya sudah kita lihat, partisipasi masyarakat dalam membantu pemerintah dengan mentaati peraturan sangat baik sekali. Kami harap, kepatuhan ini bisa terus ditingkatkan, agar secepatnya kita dapat putus mata rantai penyebaran virus ini,” harapnya.

Olehnya itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada masyarakat karena dianggap telah mendukung upaya pemerintah memberantas Covid-19. “Kami sangat apresiasi dan terimakasih sekali. Semoga kedepan hal ini semakin meningkat dari sekarang,” kuncinya. (IAN)

Baca juga: 20 Guru Ikut Bimtek Musik
Baca juga: Pangdam Rahawarin Terima Kasih Buat Media

Comment