by

Warga Leitisel Diajak Kelola Lahan Tidur

Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lukcy Wattimury, mengajak kelompok tani yang ada Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel), Kota Ambon, untuk mengelola lahan tidur yang ada di kecamatan tersebut.

Menurutnya, pemanfaatan lahan tidur yang terdapat disekitar masyarakat, saat ini sangat penting bagi pengembangan lokal. sehingga hal tersebut menjadi salah satu fokus dimasa pandemi Covid-19.

“Pada reses lalu, saya mengajak masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan-lahan tidur yang ada diwilayah masyarakat itu ada,” terang Wattimury, kepada awak media, Selasa (18/5).

Pengembangan tersebut sangat penting untuk dilakukan. Sehingga masyarakat Leitisel yang lebih fokus pada sektor perikanan atau nelayan, dapat tetap produktif pada musim ombak, yang saat itu tidak cocok untuk melaut.

“Saat musim Barat, maka warga Letimsel bisa lebih memfokuskan pada sektor perikinan atau nelayan. Sebaliknya jika musim Timur, warga secara langsung mengalihkan perhatiannya pada lahan tidur yang sudah dikerjakan. Sehingga dengan sendirinya, tidak ada waktu yang terbuang bagi warga untuk berdiam diri di rumah,” terangnya.

Karena itu, selama masa reses Wattimury di Kecamatan Letisel, dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada, dengan bercocok tanam berbagai tanaman yang bisa bermanfaat bagi perekonomian mereka.

Untuk mendukung itu, dia akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian agar dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat, terutama kelompok tani yang ada disana.

“Kita kan tahu bersama, kalau diera pandemi ini, kita mestinya dapat lebih mengmanfaatkan sumber peluang yang ada,” pungkasny

Comment