by

Warga Mangga Dua Dihimbau Waspada Bencana

Warga kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon dihimbau untuk waspada bencana banjir maupun longsor selama musim penghujan. Himbauan ini diberikan karena kelurahan rawan bencana longsor dan banjir.

“Saya menghimbau dan meminta warga untuk waspada dan menjaga diri di musim penghujan ini. Terutama bagi yang berada di titik rawan longsor dan banjir. Memang di kelurahan ini banyak sekali titik rawan,” terang Lurah Mangga Dua, Hellen Ritiauw, saat di temui koran ini, Rabu (19/5).

Menurut dia, sejauh ini penanganan yang dilakukan kelurahan untuk titik rawan bencana, yaitu melakukan pendataan dan diusulkan untuk bisa ditindak lanjuti intansi terkait.

Ia juga mengakui, setiap tahun ada laporan warga mengenai longsor yang terjadi.

“Setiap tahun ada saja laporan dari warga yang terkena longsor. Dan setiap tahun pasti di lokasi yang berbeda, laporan yang kami terima. Untuk itu kami lakukan pendataan titik rawan bencana dan lakukan pengajuan ke instansi terkait untuk bisa diberikan bantuan,” jelasnya.

Untuk bencana alam banjir, lanjut Hellen, berdasarkan laporan terakhir terjadi banjir pada bulan Oktober 2020. Warga yang tinggal di bantaran sungai sudah sadar bahaya banjir, sehingga tidak lagi membuang sampah di sungai.

Bahkan ada Komunitas Peduli Sungai (KPS) tingkat kelurahan, yang juga aktif membersihkan sungai.

“Kalau warga saya, sudah sadar dan tidak membuang sampah di sungai. KPS kami juga bergerak aktif membersihkan sungai dan memasang papan larangan di bantaran sungai,” tukasnya.

Hellen berharap, warganya bisa tetap waspada saat cuaca ekstrim. Sehingga di musim penghujan tahun ini, tidak ada warga yang terkena bencana.

“Jadi saya berharap warga tetap siaga, mengingat cuaca ektrim dan bencana yang tidak bisa diprediksi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa tetap melindungi kita semua di musim penghujan ini, agar tidak ada korban jiwa maupun harta benda,” tutupnya. (BKA-1)

Comment