by

Warga Miskin di Mangga Dua Divalidasi

Ambon, BKA- Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Nusaniwe sudah melakukan validasi terhadap warga miskin di lingkungannya. Validasi tersebut sesuai 11 kriteria yang diberikan Bappeda Kota Ambon, termasuk nama-nama yang perlu divalidasi.

“Kami validasi itu berdasarkan nama yang diberikan Bappeda. Dan ada 11 kriterian penilaian untuk warga tersebut. Itu nama-nama dari penerima BPNT dan PKH yang datanya sudah ada di dinas sosial,” pungkas Lurah Mangga Dua, Hellen Ritiauw saat ditemui Koran ini, Rabu (14/4).

Menurut dia, setelah dilakukan rapat bersama dengan seluruh RT yang ada, maka diputuskan satu warga tanpa ahli waris yang sudah tervalidasi.

“Jadi saya lakukan rapat dengan seluruh RT untuk membahas data nama warga yang telah diberikan Bapedda. Setelah itu kami putuskan satu warga yang telah meninggal tanpa ada ahli waris yang kami validasi,” terangnya.

Berdasarkan data yang diberikan, kata Hellen, ada 28 penerima PKH, 62 penerima BPNT dan 93 pemerima BST. Dan total warga yang dikembalikan namanya kepada Bapedda berjumlah 198 orang.

“Jadi validasi bukan untuk semua warga, tapi nama yang diberikan mereka saja. Ada 28 dari PKH, 62 BPNT dan 93 dari BST. Karena tervalidasi hanya 1 orang dan yang tidak atau kami kembalikan ke Bapedda berjumlah 198 warga,” beber dia.

Diakuinya, kriteria yang diberikan tidak mudah, sehingga kelurahan tidak berani memvalidasi semua nama warga. Bahkan pihaknya sudah membicarakan hal tersebut dengan pihak Bapedda.

“Untuk 11 kriteria itu, terlalu jarang ditemui di masyarakat. Takutnya ketika kita validasi, ada warga yang tidak terima. Untuk itu kami sudah berbicara dengan pihak Bapedda mengenai hal ini,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment