by

Warga Namsina Dapat 320 Sertifikat Gratis

Warga Desa Namsina, Kecamatan Waplau, mendapat sebanyak 320 sertipikat tanah gratis dari Dinas Pertanahan Kabupaten Buru.

Pemberian sertipikat tanah gratis bagi warga Desa Namsina itu merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), yang merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali dilakukan secara serentak bagi seluruh wilayah Indonesia.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Namsina, M. Yasin Laitupa, mengatakan, tim gabungan dari Pemdes Namsina dan Dinas Pertanahan Kabupaten Buru telah melakukan pengukuran lahan pertanian dan rumah yang akan disertifikasi selama 15 hari.

“Alhamdulilah, dengan kerja sama kami, Pemdes Namsina dengan tim sebanyak sepuluh orang, dengan waktu 15 hari kerja, dapat mengukur 320 bidang tanah, ” kata Yasin Laitupa, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (25/4).

Berdasarkan keterangan dari Dinas Pertanahan, saat ini program PTSL terhambat oleh adanya wabah virus corona. Dampaknya, sebagian besar jadwal pengukuran data di lapangan ditunda.

Untuk itu, pengukuran lahan itu baru bisa dijalankan tahun ini di Kabupaten Buru. Direncanakan seluruh desa akan mendapatkan program PSTL.

Pembuatan sertifikasi ini merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagai jaminan kepastian hukum tanah yang dimiliki secara adil dan merata.

Untuk itu, dia berharap, dengan adanya sertifikasi tanah ini, masyarakat tidak perlu lagi ragu lagi terkait hak kepemilikan lahan.

“Kalau masyarakat sudah mempunyai sertifikat lahan kan, masyarakat tidak ragu lagi soal hak kepemilikan, karena mereka sudah punya dasar hukum ya kan, ” pungkasnya (MG-1).

Comment