by

Warga Pertanyakan Jalan Longsor Kebun Cengkeh

Ambon, BKA- Kerusakan pada pinggiran jalan Kebun Cengkeh akibat longsor tanggal 3 Oktober 2020 lalu, kembali dipertanyakan. Sebab, hingga saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan dari Pemerintah Kota Ambon maupun Provinsi Maluku.

Pantauan koran ini, kondisi jalan yang hanya ditutup terpal biru dan dipasang traffic cone atau pembatas jalan berbentuk kerucut itu, membuat takut para pengendara saat melintas jalan tersebut.

Sudah satu bulan lebih, jalan tersebut masih dibiarkan rusak. Warga berharap, secepatnya perbaikan jalan Kebun Cengkeh itu, dilakukan oleh Pemerintah Kota maupun provinsi.

“Cukup mengerikan kalau dilihat. Apalagi bawahnya kan jurang. Makanya banyak warga yang bertanya-tanya, kapan jalan itu diperbaiki. Kalau bisa secepatnya dikerjakan. Jangan tunggu sampai ada korban jiwa baru mau perbaiki,” kesal Abdurahman Yamlay, salah satu warga Air Kuning, kecamatan Sirimau, saat menghubungi koran ini, Senin (9/11).

Menurutnya, jika jalan Gadihu mampu diperbaiki oleh pemerintah kota, maka harusnya jalan longsor dekat dengan kawasan Gadihu itu harus juga diperbaiki. Sebab, sangat mengancam keselamatan para pengendara.

“Di sekitar jalan longsor itu sering macet. Karena mobil tidak bisa lewat bersamaan dari arah berlawanan. Harus hati-hati. Kalau tidak bisa jatuh masuk ke jurang itu. Jadi harusnya jalan itu diperbaiki secepatnya,” harapnya dia.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Ambon, Gunawan Mochtar menyebutkan, kerusakan jalan Kebun Cengkeh itu akan diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi.

Dimana komisi III telah mengundang Dinas PUPR Kota Ambon sebelumnya untuk mempertanyakan perbaikan jalan longsor dimaksud.

“Kemarin itu kita sudah tanyakan ke Dinas PUPR. Katanya, jalan rusak itu nanti diperbaiki oleh provinsi. Mungkin dalam waktu dekat,” tandas Gunawan, belum lama ini.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally, saat dikonfirmasi mengaku, akan menyampaikan keluhan warga terkait kerusakan jalan tersebut. Sehingga bisa diketahui kapan pastinya kerusakan jalan longsor itu diperbaiki.

Politisi PKS ini bahkan akan menyampaikan ke Komisi agar bisa mendorong pemerintah untuk melakukan perbaikan sementara atas kerusakan jalan dimaksud.

“Kemarin itu sudah ditanyakan. Tapi nanti akan kita sampaikan lagi ke komisi, agar perbaikan jalan Kebun Cengkeh itu bisa diperbaiki secepatnya. Apakah bisa dilakukan perbaikan sementara, nanti akan disampaikan. Intinya komisi harus dorong untuk secepatnya diperbaiki,” pungkas Wally. (UPE)

Comment