by

Warga SBT Disosialisasikan Akses Reforma Agraria

BULA-BKA, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) melibatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat untuk lakukan sosialisasi penanganan Akses Reforma Agraria. Sosialisasi itu berpusat di Desa Waiketambaru dan Desa Wai Samet, Kecamatan Bula Barat, SBT, Sabtu (24/7).

Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Jafar Kwairumaratu, saat membuka kegiatan sosialisasi mengikatkan semua peserta kegiatan, agar selalu taat pada protokol kesehatan. Sebab, saat ini Maluku termasuk SBT masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Saya mengajak seluruh peserta agar tetap menjaga protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19, serta terus menjaga pola makan, pola hidup serta mengkonsumsi vitamin. Sehingg imun tubuh tetap terjaga agar kita tetap sehat,” ucap Sekda dalam sambutannya.

Kata dia, BPN SBT tidak hanya fokus pada kegiatan pengukuran tanah. Namun seiring perkembangan dan kemajuan Pemerintahan, sehingga berbagai kegiatan juga harus dilakukan BPN. Seperti sumber-sumber kehidupan lain yang diperoleh dari tanah.

“Reforma agraria ini bukan saja bicara soal pengukuran tanah untuk digunakan. Akan tetapi lebih dari itu, sumber-sumber yang ada disini harus bisa dapat digunakan dengan baik, untuk kebutuhan kehidupan masyarakat,” terang Sekda.

Menurutnya, tanah dan semua sumber yang ada di wilayah Bumi Ita Wotu Nusa ini, dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kepentingan umum. “Tanah dan segalanya harus dimanfaatkan untuk kepentingan umum, salah satunya adalah masalah reforma agraria,” kata Sekda.

Dia juga berharap, setelah sosialisasi tersebut. Semua peserta dapat memaknai apa yang menjadi tujuan kegiatan. Agar bisa dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Kegiatan ini sangat penting, kita semua harus mampu mewujudkan dalam kehidupan keseharian kita,” pintanya. (SOF)

Comment