by

Warga SBT Terima BST Tahap 11

Ambon, BKA- Ribuan masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 11 untuk tahun 2021.

Penyaluran bantuan yang berasal dari Kementrian Sosial (Kemsos) Republik Indonesia (RI), untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat kurang mampu di musim Pandemi Covid-19 ini, dipusatkan di Kantor Pos Bula, Kecamatan Bula, Kabupaten SBT pada Senin, (08/02).

Penanggung Jawab Kantor Pos Bula, Hengki Litter mengatakan, jumlah penerima BST pada tahap sebelas ini sebanyak 1.081 kepala keluarga (KK), yang terdiri dari tiga kecamatan.

“Antaranya masyarakat yang menerima BST tahapan ini dari Kecamatan Bula, Kecamatan Bula Barat dan Kecamatan Kesuy Watubela. Batas waktunya sampai 12 Februari ini” kata Hengki.

Hengki menjelaskan, penyaluran bantuan BST tersebut pihaknya menangani hanya sejumlah kecamatan. Dantaranya Kecamatan Bula, Bula barat, Kesuy Watubela, Teor, Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kian Darat dan Lian Fitu. Namun kata dia, untuk sementara waktu yang berlangsung pembayarannya baru tiga kecamatan.

“Untuk masyarakat Kecamatan Teor, Teluk Waru, Tutuk Tolu, Kian Darat dan Lian Fitu. Itu masuk dalam katagori klaster tiga, yang pembayarannya per tiga tahap. Dan pembayarannya juga akan dilakukan dalam tahun ini,” ucap Hengki, sembari berdiri memperlihatkan data penerima BST tahap sebelas itu.

Selain itu menurut Hengki, selama proses penyaluran BST dari tahap awal sampai ke tahapan sebelas 2021 ini, pihaknya tidak mengalami kendala yang serius. Bahkan pihaknya memberikan pelayanan terhadap penerima sesuai dengan jadwal yang ditentukan. “Proses pembayaran lancar-lancar saja. Sampai sekarang tidak ada kendala serius,” ucapnya.

Kelancaran dalam pelayanan itu menurut Hengki, karena Kantor Pos sebagai pihak ketiga, tugasnya hanya melakukan pembayaran sesuai data yang diterima dari Kementrian Sosial melalui PT. Pos. “Tugas pos sebagai pihak ketiga hanya tahu bayar. Hal lain soal data, itu langsung dari Kemensos,” jelasnya.

Sementara diketahui, kecamatan lainya, proses penyaluran BST-nya melalui Kantor Pos Geser di Kecamatan Seram Timur. “Seperti Kecamatan Pulau Gorom, Gorom Timur, Pulau Panjang, Seram Timur, Kilmury, Werinama dan Siwalalat,” tutup Hengki, dengan nada tenang sambil tersenyum. (SOF)

Comment