by

Warga Serahkan Senjata ke Kodam Pattimura

Ambon, BKA- Melalui pendekatan komunikasi sosial (Komsos) dan pembinaan teritorial (Binter) secara terus-menerus kepada masyarakat di wilayah binaan, Kodam XVI/Pattimura berhasil amankan 6 pucuk senjata pabrikan standard TNI/Polri dan 1 senjata rakitan, beserta 34 butir amunisi.
Sejumlah senjata ini diserahkan masyarakat secara sukarela kepada Kodam XVI Pattimura, akhir Maret 2021 kemarin.

“Untuk 7 senjata tersebut diberi secara sukarela dari masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya. Yang diperkirakan merupakan senjata sisa pacsa konflik horizontal di Maluku sekitar tahun 1999-2000,” ungkap Asintel Kasdam XVI/Pattimura Kol. Inf Cdb. Andries, kepada koran ini, lewat rilisnya, Sabtu (3/3).

Menurutnya, dengan adanya penyerahan senjata tersebut, warga bersangkutan mendapat apresiasi serta ucapan terima kasih dari Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin.

Bahkan Pangdam berharap, lanjut Andries, agar warga yang masih memiliki senjata api (senpi) maupun amunisi, untuk segera menyerahkannya ke pihak berwenang secara sukarela. Dimana pihak Kodam XVI/Pattimura akan memberikan jaminan bagi warga tersebut, untuk tidak diproses hukum.

“Beliau (Pangdam) mengatakan sangat berterima kasih kepada masyarakat yang telah menyerahkan senjata dengan sukarela. Dan menganggap masyarakat tersebut sebagai duta perdamaian Maluku,” tutupnya. (Pendam 16)

Comment