by

Warga Waesama dan Ambalau Siap Menangkan SMS-GES

Ambon, BKA- Masyarakat Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan(Bursel) menyatakan sikap mendukung dan siap memenangkan pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliazer Selsily (SMS-GES) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal tersebut dinyatakan saat paslon nomor urut 3 ini melakukan kampanye di lima desa di Kecamatan Waesama yakni Desa Waeteba, Simi, Lena, Waesili dan Desa Waetawa, pada Minggu (1/10) lalu.

“Kami semua pada hari Rabu tanggal 9 Desember siap mencoblos Ibu Hj Safitri dan Pak Gerson yang bernomor urut 3,” ucap Hasim Sabulamo, warga Desa Simi, Kecamatan Waesama.

Hasim menjelaskan alasan masyarakat Kecamatan Waesama mendukung SMS-GES di Pilkada tahun ini, karena warga tidak mengenal dua paslon yang lain.

“Kami semua di Kecamatan Waesama tidak kenal mereka (paslon lain) dan mereka itu dari mana? mereka itu hanya datang di kami punya kecamatan hanya punya kepentingan semata, setelah dengar ada mau pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) kabupaten ini, mereka bilang kami anak kampung, kami bilang tidak kenal mereka,” ungkap Hasim.

Tak hanya itu, saat paslon SMS-GES bersama 10 Partai Politik (Parpol) pendukungnya menyampaikan orasi politiknya di hadapan masyarakat Waesama. Warga dari lima desa di Waesama masing-masing dengan lantang bersuara SMS-GES menang.

Dari data sementara warga Desa Waeteba dengan jumlah pemilih berdasarkan hasil DPT 580 nyatakan sikap Safitri- Gerson menang 75 persen, Simi DPT 1.116 menang 87 persen, Lena DPT 1.118 menang 75 persen, Waesili DPT 1.109 menang 65-75 persen dan Desa Waetawa DPT 1.007 siap direbut tiga paslon. Namun warga Desa Waetawa, Paslon SMS- GES menduduki rangking teratas dalam pencoblosan di TPS Desa Waetawa.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenang Koalisi Paslon SMS-GES, Ahmad Alwi Loilatu menyebutkan, sebelum pemilihan pada tanggal 9 Desember tahun ini, tidak mendahului Allah SWT dan para leluhur di Negeri ini, pasangan calon SMS-GES sudah menang dan siap dilantik.

“Ibu Hj Safitri dan Pak Gerson sudah dikarunia menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel periode 2021- 2026,” ucapnya dalam orasi politiknya.

Lebih lanjut Alwi Loilatu menjelaskan tiga Soa mata rumah adat di Desa Kampong Baru, Kecamatan Ambalau secara tegas siap memenangkan Paslon SMS-GES di Pilkada. Ketiga Soa mata rumah adat di Kampong Baru tersebut, yakni Soa mata rumah Sowakil dengan jumlah pemilih sebanyak 102, Soa mata rumah Solisa 111 pemilih dan Soa mata rumah Lesilawang pemilihnya sebanyak 121 orang.

“Mereka telah telah menyatakan sikap, siap menyalurkan suara/memilih paslon nomor urut 3, yakni Hj Safitri Malik Soulisa yang berpasangan dengan Gerson Eliazer Selsily, pada Pilkada Bursel 9 Desember yang akan datang,” ungkapnya.

Pernyataan sikap itu disampaikan setelah paslon SMS-GES yang didampingi Ketua Tim Pemenangan Ahmad Alwi Loilatu bersama tim sukses yang diusung 10 partai, mengunjungi Desa Kampong Baru, yang dimana desa tempat kelahiran Zainudin Booy yang kini mencalonkan diri sebagai calon Wakil Bupati yang berpasangan dengan Haji Ali.

Tokoh masyarakat Desa Kampong Baru, Nan Sowakil kepada wartawan mengatakan, saat paslon SMS-GES masuk di tiga Soa mata rumah tersebut dan diterima secara adat oleh pemangku adat, sekaligus pengukuhan secara adat.

“Walaupun tiga rumah tua secara resmi dan pengukuhan secara adat telah menerima Ibu Hj Safitri – Pak Gerson, namun tidak menutup kemungkinan ada simpatisan dari luar ketiga rumah Soa ini yang juga sudah menyatakan sikap, siap mendukung pasangan nomor 3 tersebut,” ujar Sowakil. (BKA-4)

Comment