by

Warga Wainitu Gelar Bersih Pantai

Ambon, BKA- Warga kelurahan wainitu bersama dengan komunitas Nusaniwe Diving Club melakukan pembersihan pantai Wainitu.

Kegiatan pembersihan digagas oleh Wainitu diving club dan pemerintah kelurahan Wainitu. Pembersihan dilakukan agar kedepannya pantai Wainitu bisa menjadi ruang terbuka hijau dan tempat wisata yang bersih.

Pembersihan dilakukan juga sampai kedasar laut. Nusaniwe diving club bersama dengan TNI Angkatan Laut melakukan penyelaman agar bisa mengangkat sampah yang ada didasar laut.

“Kami memilih tempat ini untuk dilakukan pembersihan karena kami lihat banyak sekali sampah plastik. Jadi kami berpikir bukan saja darat yang perlu dibersihkan namum juga laut. Untuk itu kami juga akan lakukan penyelaman agar bisa mengangkat sampah yang ada didasar laut,” pungkas Cesar Riupasa ketua Nusaniwe diving club.

Nusaniwe diving club berencana untuk terus melakukan pembersihan hingga kawasan ini bersih dari sampah. Dijadwalkan pembersihan akan dilakukan sekali dalam sebulan. Selain pembersihan juga dilakukan sosialisasi bahaya sampah bagi anak dan warga Wainitu.

“Kami akan terus lakukan pembersihan dan sosialisasi sampai benar-benar bersih. Kami jadwalkan sekali dalam sebulan. Setelah dirasa bersih kami akan lakukan rehabilitasi karang disini,” pungkas Fanny Riupasa kordinator pecinta laut.

Lurah Wainitu berharap setelah ini masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan. Dengan begitu kawasan ini bisa dijadikan tempat wisata yang bersih.

“Saya berharap pembersihan ini bisa menyadarkan masyarakat betapa pentingnya kebersihan laut. Kalau laut kita ini bersih maka bisa dijadikan tempat wisata. Dengan begitu masyarakat juga bisa memanfaatkan dengan berjualan disini. Jadi jika kita menjaga kebersihan maka banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan,” pungkas Marvin Nikijuluw lurah Wainitu.

Dalam kegiatan pembersihan ini juga turut hadir sekretaris Kota Ambon, Anthony Gurtaf Latuheru untuk membuka dan mengarahkan kegiatan pembersihan tersebut.

Kepada pers Latuheru menyampaikan bahwa untuk menjaga kebersihan lingkungan harus ada kesadaran dari masyarakat sendiri. Kebersihan lingkungan juga merupakan program prioritas pemerintah. Ia juga berharap agar masyarakat bisa terbiasa membersihkan lakukan bukan karena ingin diberi sanksi.

“Sebenarnya masyarakat itu sudah tau bahwa kebersihan itu penting. Jika lingkungan kotor maka akan terjadi banyak masalah misalnya kesehatan warga. Sasaran kami yaitu agar warga menjaga kebersihan karena kebiasaan bukan karena takut diberi sanksi. Kita akan terapkan perda tata lingkungan namun penting itu edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan,” pungkas Anthony Gurtaf Latuheru Sekertaris Kota Ambon. (BKA-1)

Comment