by

Wawali Launching Jong Ambon FC

Ambon, BKA- Dukung perkembangan sepak bola di Kota Ambon, Wakil Walikota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler melaunching Jong Ambon FC sebagai klub sepak bola kota Ambon. Klub ini diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi muda pecinta sepakbola.

Menurut Syarif, dengan peresmian Jong Ambon FC, dapat membangkitkan semangat sepak bola di kota Ambon yang telah lama mati suri.
“Pemerintah Kota sangat memberikan apresiasi atas launching Jong Ambon FC ini. Semoga sepak bola di Ambon bisa bangkit dari tidur yang panjang atau mati suri,” tutur Syarif, usai melaunching Jong Ambon FC, di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Kamis (15/4).

Politisi PPP ini menilai, untuk membangkitkan sepak bola, tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan. Akan tetapi, dirinya yakin dengan adanya pelatih yang baik dapat melahirkan bakat-bakat generasi muda yang handal dan bisa membesarkan klub sepak bola Ambon.
“Saya yakin kalau anak-anak kita bisa besar di negeri orang, maka di negeri sendiri mereka juga bisa besar. Sehingga nantinya bisa juga berlaga di kancah nasional,” imbuhnya.

Disinggung soal lapangan sepak bola, mantan anggota DPRD Maluku ini mengaku, Pemerintah Kota Ambon sedang mencari lahan representatif, agar Ambon bisa memiliki lapangan sepak bola. Dimana selama ini, Pemerintah Kota lebih berharap kepada Pemerintah Provinsi untuk menggunakan fasilitas yang ada.

“Bukan mau menyalahkan pemimpin kota yang lama, tapi pemimpin kota yang lama juga berharap semua fasilitas dari provinsi, kota Ambon bisa gunakan. Sekarang sudah saatnya bagi pemerintah kota untuk berpikir bagaimana mempunya fasilitas olahraga yang represnetatif. Koordinasi dengan pemerintah pusat sudah kita lakukan. Sekarang kita jajaki adalah lahan, semoga bisa dapat lahan,” pungkasnya.

Ketua PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu menambahkan, saat ini PSSI sedang mendata ulang kelengkapan administrasi yang di miliki klub sepakbola yang ada di kota Ambon. Agar kedepan, klub sepak bola kota Ambon dapat berlaga di liga nasional.
“Saat ini kami sedang mendata ulang klub dan melihat kelengkapan administrasi. Karena itu, sangat penting sekali untuk sebuah klub sepak bola profesional,” tutur Sofyan.

Sementara itu, Presiden Jong Ambon FC, Ronny Sapulette mengatakan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk membesarkan klub sepak bola di kota Ambon lewat Jong Ambon FC yang telah diresmikan.
Selain itu, sambung dia, pihaknya juga akan mengembangkan olahraga tinju dan olahraga lainnya. Sehingga perkembangan olahraga di kota Ambon bisa lebih baik dan mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Dan proses seleksi untuk klub sepak bola tersebut sementara dilakukan hingga akhir Mei 2021.

“Saya memilih Jong Ambon, karena punya peranan sebagai pergerakan anak muda jaman dulu. Tanpa Jong Ambon, saya rasa republik ini belum merdeka. Tanpa Jong Ambon tidak ada Sumpah Pemuda. Karna pergerakan ini jadi panutan bagi anak muda, makanya dinamakan Jong Ambon. Dan kita sementara buka pendaftaran, nanti akan kita seleksi bersama. Dan batas pendaftaran setelah lebaran,” tutup Sapulette. (UPE)

Comment