by

Wayame Bimtek Pendataan IDM Berbasis SDGs

Ambon, BKA- Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon adakan bimbingan teknis (bimtek) pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs). IDM merupakan indeks komposit berdasarkan indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan.

IDM dikembangkan berdasar konsep, bahwa dalam mencapai wujud suatu desa yang mandiri dan maju, perlu adanya pembangunan berkelanjutan yang didasari aspek ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan untuk mensejahterakan desa. Artinya, 3 aspek tersebut sebagai hal yang memperkuat proses pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pendamping Desa Wayame, Edward saat memaparkan materi Bimtek mengatakan, IDM mempunyai pengaruh penting dalam memajukan desa. Yakni sebagai tolak ukur perkembangan desa, yang melakukan program pembangunan berkelanjutan.

“Artinya, pembangunan-pembangunan desa yang belum terlaksanakan, yang belum dikerjakan, harus di realisasikan. Guna untuk kesejahteraan desa atau masyarakat,” terang Edward, saat dikonfirmasi koran ini, Minggu, Sabtu (1/5).

Dijelaskan, terkait SDGs desa yang merupakan upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Diantaranya desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“SDGs ini punya keterkaitan penting dengan IDM. Jadi pendataan IDM berbasis SDGs. Kenapa demikian? mereka punya tujuan yang sama. Yaitu, membangun desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Dengan dilakukannya beberapa faktor. Yakni, menyusun pokja relawan pendataan desa, memuktahirkan data pada level desa, memuktahirkan data pada level rukun tetangga, memuktahirkan data pada level keluarga, memuktahirkan data pada level warga, menganalisis data sesuai kaidah SDGs desa, dan merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai hasil analisis SDGs desa,” terang edward

Dia berharap, tujuan daripada program pendataan IDM berbasis SDGs desa ini nantinya dapat membawa dampak baik bagi masyarakat.

“Setelah inikan akan dilakukan survei ke masyarakat. Dilakukan pendataan warga secara keseluruhan. Setelah dilakukan pendataan, nantinya data tersebut akan dikirim langsung ke pusat. Ini juga sebagai penentuan suatu kategori desa. Apakah masuk dalam desa, maju, berkembang, atau desa yang perlu perhatian. Semoga ini bisa berjalan lancar sehiinga masyarakat bisa merasakan hasilnya,” harapnya. (BKA-2)

Comment