by

Wayame Dorong Tiga Program Prioritas

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon siap mendorong tiga program prioritas di tahun ini.
Diantaranya, program pemulihan ekonomi, program adaptasi kebiasaan baru desa tanpa Covid-19, serta program pendataan desa, pemetaan dan sumber daya alam maupun pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Kepala Penjabat Desa Wayame, Noer A La Saleman menjelaskan, dengan dana desa (DD) yang dimiliki, akan difokuskan pada tiga program prioritas tersebut. Dimana untuk pemulihan ekonomi, akan digunakan DD untuk membentuk serta mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

BUMDes tersebut, kata dia, akan menjadi ujung tombak pertumbuhan ekonomi warga yang ada di lingkungannya. Termasuk prioritas untuk dilakukan pendataan desa, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

“Sesuai keinginan Pemerintah Pusat, ada percepatan dibidang digitalisasi ekonomi. Agar program unggulan desa dapat di ekspos. Yang ketiga, itu desa tanpa Covid-19. Yakni masyarakat diajak untuk menerapkan hidup bersih sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, agar bebas dari penyebaran Covid-19,” papar Noer, kepada koran ini, Jumat (9/4).

Selain menjelaskan prioritas dana desa, lanjut dia, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah desa dalam penggunaan DD. “Pertama itu harus sesuai dengan kewenangan desa, kemudian dikerjakan secara swakelola. Dan ketiga, ada membeda-bedakan penggunaannya. Jadi dia harus transparan ke masyarakat,” ucapnya.
Dikatakan, penggunaan dana desa akan dilakukan dengan sebaik mungkin oleh pihaknya, dalam membangun desa kedepan lebih maju, serta dapat mengatasi masalah kemiskinan yang ada.

“Ini demi masyarakat. Uang yang diberikan pemerintah ini tujuannya untuk masyarakat. Untuk kemajuan desa, berantas kemiskinan yang ada. Dan itu harus digunakan dengan sebaik mungkin, agar bisa mencapai target tersebut,” imbuhnya. (BKA-2)

Comment