by

Wayame Mulai Jalankan Program pemberdayaan

Setelah menerima Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari pemerintah, Desa Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon mulai menjalankan programnya secara perlahan. Mulai dari program pemberdayaan hingga pemberian bantuan bagi warga.

Program ini dijalankan pihak desa yang utama, karena dinilai sangat berdampak positif bagi masyarakat. Apalagi selama 2 tahun belakangan ini, Kota Ambon dilanda bencana. Dimana pada tahun 2019 dilanda bencana gempa bumi, dan tahun 2020 dilanda bencana wabah penyakit Covid-19 yang sampai saat inipun masih ada. Dampak dari dua hal tersebut, membuat mata pencaharian warga menjadi menurun.

“Pas anggarannya, keluar kita langsung jalankan program pemberian bantuan bagi warga. Pemberian UKM ada untuk pelaku usaha kios, peternak ayam dan ada beberapa yang belum. Dan kami akan salurkan,” tutur Kepala Penjabat Desa Wayame. Noer. A. La Saleman, saat dikonfirmasi koran ini, Kamis (20/5).

Noer menyampaikan, setelah program pemberdayaan dijalankan, pihqknya akan menjalankan program pembangunan serta progran lainnya yang sudah dirancang.
“Kami menjalankan program ini secara perlahan, sehingga kami bisa memantaunya dengan baik. Semuanya bisa terealisasi,” ucapnya.

Ia juga meminta, agar masyarakat bisa membantu pihak desa dalam menjalankan program. Sehingga transparansi dana desa yang dilakukan bisa diawasi secara langsung oleh masyarakat.

“Transparansi dana ke masyarakat itu penting. Makanya saya minta agar masyarakat bisa membantu pihak desa menjalankan program yang sudah dibuat dan disepakati bersama,” tukasnya. (BKA-2)

Comment