by

Westbrook: Peran Saya di Lakers Adalah Membantu LeBron James

Guard Russell Westbrook mengatakan perannya untuk rekan-rekan barunya di Los Angeles Lakers sangat sederhana, yaitu membantu meringankan tugas LeBron James.

Seperti diketahui, Lakers telah resmi mendaratkan Westbrook dalam kesepakatan dengan Washington Wizards, dan berharap barisan “Tiga Besar” James, Westbrook dan Anthony Davis dapat mendorong mereka kembali ke puncak pada musim 2022 setelah mereka gagal menyabet gelar NBA 2021.

Pada Selasa waktu setempat, Westbrook secara resmi diperkenalkan sebagai pemain Lakers.

Westbrook yang merupakan penduduk asli California Selatan itu pun mengatakan kedatangannya ke Los Angeles adalah “berkah”.

“Saya bergabung dengan Lakers, dan tugas saya adalah membuat permainan menjadi lebih mudah baginya (LeBron James). Saya akan terus berjuang menemukan cara untuk melakukannya di setiap pertandingan,” kata Westbrook dikutip dari AFP, Rabu.

“Terkait penanganan bola dan lainnya, itu tidak masalah. Ada banyak cara berbeda yang bisa Anda lakukan untuk mempermudah permainan tanpa memegang bola di tangan Anda,” tambahnya.

James dan Davis memimpin Lakers meraih gelar NBA 2019, tetapi mereka gagal merebutnya kembali pada 2021 karena cedera.

Westbrook menyandang predikat sebagai The Most Valuable Player atau pemain paling berharga NBA 2017 bersama Oklahoma City Thunder. Ia bermain untuk Oklahoma sejak 2008 hingga 2019.

Dia kemudian dijual ke Houston Rockets, dan dijual lagi ke Washington Wizards pada Desember lalu. Ia membantu Wizards mencapai babak playoff untuk pertama kalinya sejak 2018.

Westbrook, pemegang gelar NBA All-Star sembilan kali yang juga memenangkan emas Olimpiade pada 2012, telah memimpin NBA dalam jumlah assist dalam tiga dari empat musim terakhir dan merupakan juara pencetak poin terbanyak di NBA musim 2015 dan 2017.

Pada 2017, ia mencetak rekor dengan 42 triple double dalam satu musim, serta mengumpulkan dua digit poin, assist dan rebound secara statistik dalam 42 pertandingan.

Ia pun disejajarkan dengan dengan Oscar Robertson sebagai satu-satunya pemain yang rata-rata mencetak triple double terbanyak untuk satu musim penuh.

Westbrook juga berhasil mengulangi prestasi itu dalam tiga dari empat musim berikutnya. Bahkan, rekor triple double sepanjang kariernya kini mencapai 184.

Sejumlah pakar bola basket mempertanyakan bagaimana dia akan cocok dengan James dan Davis.

Namun Westbrook mengatakan itu tidak akan menjadi masalah.

“Saya selalu melihat dari susunan pemain, dan melihat bagaimana saya bisa membuat orang lain lebih baik,” ujar Westbrook. (ANT)

Comment