by

Yasona Sebut Kemenkumham Ukir Banyak Prestasi Ditengah Pandemi Covid-19

Rakor Virtual Kemenkumham

Ambon, BKA- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasona Laoly, mengungkapkan, Kemenkumham di tahun 2020 banyak mengukir prestasi, walau Indonesia dan sejumlah negara lain di dunia tengah dilanda pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Yasona saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Capaian Kinerja Semester II Tahun 2020 dan Action Plan Target Kinerja Tahun 2021 Kemenkumham, yang dilakukan secara virtual, Senin (23/11).

Rakor dengan tema “Kinerja Kumham Lebih Pasti” itu akan diikuti oleh sekitar 165 peserta dari 33 Kanwil se-Indonesia selama tiga hari, untuk review target kinerja tahun 2020, pelaksanaan reformasi birokrasi, perumusan strategi dan penguatan kinerja kanwil dan penyusunan action plan target kinerja kanwil tahun 2021.


Didampingi Kepala Divisi Administrasi Agung Rektono Seto, Kepala Divisi Keimigrasian M.Yani Firdaus, Kepala Divisi Pelayanan Hukum Dan HAM Max Wambrauw, Kepala Divisi Pemasyarakatan Hernowo Sugiastanto, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, siap mengikuti rakor yang akan digelar selama tiga hari tersebut, yakni, 23 hingga 25 November, besok.

Lanjut Yasona, tahun 2020 merupakan tahun cobaan bagi bangsa dan negera. Karena pandemi Covid-19 ini berdampak pada semua sektor dan lini kehidupan. Sehingga pola kerja, pola hidup dan gaya hidup, harus dijaga dengan baik.

“Sepanjang tahun 2020 ini, perlindungan hukum dan HAM di tahun ini saya katakan masih aman dan terkendali. Bahkan kita mampu membuktikan kepada publik, bahwa kita mampu menyelesaikan kerja kita secara tuntas dan berkualitas, meskipun dihadapakan dengan kondisi yang serba terbatas. Semua itu tidak terlepas dari kerjasama semua pihak,” terangnya, saat membuka rakor tersebut dari JS Luwansa Hotel, Jakarta.

Selain itu, dia mengungkapkan, kalau integritas Kemenkumham semakin bagus, nilau jual dan evaluasi juga stabil, implementasi reformasi birokrasi juga semakin meningkat.

“Saya sangat bangga barada di tengah-tengah kalian. Mari kita sama-sama mensukseskan hukum dan ham dengan mengedapankan gotong royong, kolaborasi, sinergitas untuk kemajuan bangsa dan negara,” katanya.

Untuk itu, dia mengajak seluruh jajaran Kemenkumham agar berupaya dan bekerja keras pada 2021 mendatang, untuk mewujudkan visi dan misi pemerintahan Jokowi-Maaruf hingga 2024 mendatang.

“Target Kemenkumham di tahun 2021, yakni, pembentukan regulasi, pelayanan publik dari segi hukum dan Ham, serta peduli terhadap lingkungan. Sehingga diperlukan adanya kolaborasi dan sinergitas dari berbagai hal, guna mencapai harapan yang dinginkan bersama, khususnya Presiden Jokowi Dodo,” terangnya.

Di 2021 mendatang, Kemenkumham akan menerima anggaran sebesar Rp 16,19 triliun atau naik sebesar 28,37 persen dari tahun 2020. Jadi harus ada perubahan yang dibuat, sesuai dengan jumlah anggaran yan akan diterima.

“Kita sudah harus berfikir langkah dan strategi untuk kita ambil, guna menyukseskan kinerja tahun 2021, yang tentunya harus sesuai dengan kerangka renstra,” ujarnya.

Sementara itu, KaKanwil Kemenkumham Maluku, Andi Nurka, mengatakan, berbagai program tahun 2020 sudah terwujud.

Memang, akuinya, sempat ada beberapa program yang tertunda, pasca pandemi Covid-19. Namun dengan semangat seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Maluku, semua program itu dapat diwujudkan. Sehingga kinerja tahun 2020 dapat dilewati dengan baik.

“Alhamdullilah, semua program tewujud untuk tahun 2020. Memang masih ada satu dua item yang belum, tapi kan masih sampai dengan Bulan Desember. Sehingga itu akan kami selesaikan dalam pertengah Desember ini,” pungkas Nurka. (LAM)

Comment