by

Zona Merah, Bioskop Masih Beroperasi

Ambon, BKA- Kondisi Kota Ambon saat ini kembali memprihatinkan setelah ditetapkan kembali ke zona merah (tinggi) penyebaran Covid-19, sejak 14 Februari 2021 kemarin. Namun hal itu tersebut tidak mempersulit pelaku usaha, salah satunya pihak XXI (bioskop) yang masih diizinkan beroperasi oleh Pemkot Ambon.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Joy Adriansz mengatakan, sementara ini pihaknya melakukan evaluasi untuk menanggapi kondisi Ambon saat ini. Dan Bioskop XXI masih tetap diizinkan beroperasi.

“Bioskop masih tetap berjalan seperti biasa. Sambil menunggu langkah-langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Satgas kedepan,” terang Joy, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (18/2).

Kebijakan yang nanti akan diambil, kata Joy, akan ada banyak pertimbangan. Dan tidak asal-asalan ketika mengeluarkan sebuah aturan. Sehingga tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

“Otomatis kita akan mempertimbangkan berbagai hal. Yang perlu masyarakat ketahui kalau tingkat kematian pasien Covid-19 mengalami kenaikan,” ujarnya.

Selain itu, sesuai data operasi yustisi, tambah dia, tingkat kesadaran masyarakat terkait protokol kesehatan di Kota Ambon sudah meningkat. Dan hal itu, membuat angka penularan virus mematikan ini cukup rendah.

“Dari 30 orang misalnya yang terjaring operasi yustisi, ternyata hanya 2 sampai 5 orang hasil rapid test-nya reaktif. Dari orang yang reaktif itu ketika test swab lanjutan hanya 0 sampai 2 saja yang positif. Itu berarti tingkat penularan Covid-19 rendah sekali, ” tandasnya. (IAN)

Comment