by

Zona Merah, Pemkot Prioritas Sosialisasi

Ambon, BKA- Pasca Ambon ditetapkan kembali ke zona merah (tinggi), Pemerintah Kota Ambon prioritaskan upaya sosialisasi kepada masyarakat tekait dengan ancaman wabah Covid-19 yang makin memprihatinkan.
Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan kesadaran masyarakat dengan adanya wabah Covid-19. Dengan begitu, bisa membawa Kota Ambon masuk kembali ke zona orange (sedang) hingga zona hijau (rendah) penyebaran Covid-19.

“Perpanjangan PSBB itu, kita nanti akan evaluasi. Tapi dari kajian kita yang paling utama itu adalah perbanyak lagi sosialisasi kepada masyarakat, ” tegas, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada awak media di kantor Balai Kota Ambon, Selasa (11/8).

Ketua DPD II Golkar Kota Ambon ini menilai, Ambon kembali ditetapkan zona merah lantaran pergerakan masyarakat kota Ambon yang masih relatif cukup tinggi. Sehingga membuat angka skor kota Ambon di bawah dua dalam zona.

“Zona merah sampai dengan sekarang kan, masih zona merah. Karena kita punya skor di zona itu, masih dibawah dua. Kenapa sampai begitu, karena dampak dari pergerakan masyarakat yang relatif masih cukup tinggi, ” bebernya.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kota sementara melakukan kajian dengan seluruh komponen masyarakat. Diantaranya pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN), ahli Ulama, kepala RT, tokoh perempuan, dan sebagainya.

Kajian tersebut dilakukan, agar bisa menyadarkan masyarakat dengan ancaman bahaya wabah Covid-19. Serta membantu pemerintah untuk melawan Covid-19. Sehingga masyarakat bisa kembali hidup normal seperti sediakala.

“Sekarang tiap kali, kita laksanakan dengan sejumlah komponen-komponen masyarakat yang sekarang sementara berlangsung. Jadi seluruh stakeholder, guru-guru, pegawai RT-RT, para ahli ulama hingga tokoh-tokoh perempuan,” tukasnya.

Louhenapessy berharap, masyarakat Kota Ambon dapat berpartisipasi dan mensuport upaya pemerintah untuk membawa Kota Ambon keluar dari zona merah.

“Kita berharap semakin banyak orang tahu tentang bahayanya Covid, dan dia jadi pioner untuk mensosialisasikan kepada lingkungannya, ” pintanya. (BKA-1)

Comment