by

Zona Merah Tak Bisa Shalat Idul Adha

Bagi kawasan yang ditetapkan zona merah penyebaran Covid-19 di Kota Ambon, tidak bisa menjalankan ibadah shalat Idul Adha 1442 Hijriah. Ini demi memutus mata rantai Covid-19.

“Kalau RT atau RW dalam peta zonasi kawasan itu dinyatakan merah, tidak bisa melakukan ibadah shalat idul Adha,” terang Kabag Kesra Kota Ambon, Fenly Masawoy kepada wartawan, Selasa (6/7).

Menurutnya, yang bisa menggelar shalat Id dimaksud, adalah kawasan dengan zona kuning atau hijau. Itupun menerapkan protokol kesehatan selama aktivitas ibadah berlangsung.

Bukan saja itu, seluruh umat Islam di kota Ambon juga dilarang untuk melaksanakan takbiran keliling. Sebab dapat menimbulkan kerumunan.

“Takbiran di masjid juga dilakukan maksimal 10 persen, berapa orang itu. Diharapkan juga takbiran bisa dilakukan secara virtual begitu. Takbiran keliling tidak dibolehkan,” terangnya.

Pembatasan itu, sambung Fenly, telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) Mentri Agama RI nomor 15 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi Covid-19.

Dijelaskan, edaran tersebut sudah tersebar ke seluruh instansi keagamaan, para tokoh-tokoh agama serta organisasi agama Islam di seluruh Indonesia. “Masjid juga sudah diberikan,” terangnya.

Dia berharap, masyarakat Muslim yang akan menjalankan ibadah Idul Adha di Kota Ambon bisa paham dengan kebijakan itu. Karena apa yang dibuat pemerintah untuk kebaikan bersama. (IAN).

Comment