by

Zona Orange, Skoring Ambon Masih Rendah

AMBON-BKA, Kota Ambon sejak beberapa hari kemarin, telah keluar dari zona merah (tinggi) dan masuk ke zona orange (sedang) penyebaran Covid-19, dengan skoring zonasi 1.9.

Skoring tersebut, dianggap masih sangat rendah. Sehingga masyarakat diharapkan harus tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan (prokes).

“Zona orange, tapi skornya masih rendah sekali,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz kepada koran ini via WhatsApp, Rabu (21/7).

Dijelaskan, alasan Ibukota Provinsi Maluku ini bisa berada dalam zona orange, lantaran angka meninggal pasien dan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 berkurang.

“Sementara untuk angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif terus meningkat dari waktu ke waktu. Ini yang membuat Ambon masuk zona orange,” terangnya.

Meski demikian, Joy berharap, kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan juga harus meningkat. Sebab hanya dengan cara itu, bisa menekan penularan Covid-19.

“Masyarakat diharapkan patuhi protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah. Jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan dan pakai masker sangat penting,” imbuhnya.

Sekedar tahu, data Satgas Kota Ambon per tanggal 19 Juli 2021 lalu menyatakan angka kasus positif mencapai 8.055. Sementara Pasien dirawat 2.745 orang dan pasien sembuh 5.176. Sementara yang meninggal 134 jiwa. (IAN)

Comment